--> Skip to main content
3 Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram

3 Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram

--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Konten [Tampil]

Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram menjadi topik pembahasan kali ini. Banyak orang mengeluh tentang fitur ini hingga akhirnya saya membuat artikel ini untuk menjawab semua pertanyaan tentang kelebihan, kekurangan hingga cara untuk mematikan video otomatis di Instagram.

Kalian tentu sering mendengar bahwa saat menggunakan instagram video diputar secara otomatis. Fitur jenis ini memang cukup menguntungkan, tetapi bisa merugikan bagi sebagian pengguna yang kuotanya minim.

Pengguna yang terkena pembatasan kuota biasanya akan mematikan fitur autoplay video untuk menghemat paket data. Untuk mematikan fitur autoplay pada Instagram tidak terlalu sulit dan cukup mudah ko. Kita bahas dulu soal pengertiannya dulu ya.

Fitur autoplay video adalah sebuah fitur terbaru yang memungkinkan kita untuk menonton video secara otomatis tanpa harus menekan tombol play terlebih dahulu. Autoplay adalah salah satu fitur yang juga tersedia pada Instagram.

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui, seperti kelebihan dan Kekurangan Autoplay Instagram berikut ini:

Kelebihan
  • Tidak ribet saat ingin memutar video karena langsung terputar
  • Menggunakan Fitur Kekinian Ala Instagram
Kekurangan
  • Kuota Cepat habis karena terus memutar video
  • Video yang tidak ingin kita lihat ikut terputar
  • Menyerap daya konsumsi yang lebih banyak
Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan yang terdapat jika kita membiarkan fitur video otomatis. Sampai disana mungkin kalian sudah mengetahui mau di aktifkan atau mau di matikan. Lanjut.

Meski di dafuk sebagai fitur yang sangat bagus, tetapi banyak orang yang mematikan autoplay pada Instagram demi menghemat kuota. Lantas bagaimana cara mematikan autoplay video di Instagram?

Untuk cara menghentikan video di IG agar tidak memutar secara otomatis akan saya share dibawah, mudah-mudahan video di instagram yang akan diputar secara otomatis bisa dinonaktifkan.

Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram

Beberapa waktu lalu ada beberapa teman yang tanya cara menonaktifkan Autoplay Video di IG. Lalu saya berikan langkah mudah untuk mengatur agar video di IG tidak memutar secara otomatis, dan ternyata work! Berikut langkahnya:
  1. Buka Akun Instagram kalian.
  2. Masuk ke menu Pengaturan.
  3. Pilih Akun kemudian Pengunaan Data Seluler.
  4. Aktifkan Penghemat Data.
  5. Selamat, Autoplay Video di Instagram di nonaktifkan.
Itu adalah cara setting autoplay video di instagram terbaru dan sangat mudah. Namun ada beberapa langkah lagi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mematikan autoplay instagram dengan pengaturan jaringan, langkahnya sebagai berikut ini.
  1. Silahkan buka Pengaturan
  2. Pilih Kartu SIM & Data Seluler.
  3. Pilih SIM yang digunakan.
  4. Kemudian ubah Jaringan yang Disukai dari 4G ke 3G.
  5. Cek apakah berhasil atau tidak.
Dari beberapa kasus yang saya temui untuk cara menonaktifkan video di instagram agar tidak memutar secara otomatis melalui menu pengaturan Android sejauh ini masih work dan berhasil menghemat kuota saat menggunakan IG.

Jadi nantinya fitur autoplay video instagram tidak dapat berfungsi setelah kalian melakukan pengaturan tersebut. Namun ada satu cara lagi yang bisa digunakan, langkahnya bisa kalian lihat dibawah ini.
  1. Buka Laptop dan buka Browser
  2. Akses instagram.com, dan lihat apakah video otomatis berjalan atau tidak.
Cara ini biasa saya lakukan jika menggunakan instagram di media komputer atau laptop. Hasilnya cukup memuaskan, meski tempilannya agak sedikit berbeda jika mengakses IG melalui ponsel.

Kesimpulan

Jadi fitur autoplay video di instagram memang sangat bagus dan menandakan kemajuan teknologi, tetapi dengan adanya fitur tersebut orang yang mempunyai keterbatasan kuota menjadi malas untuk membukanya karena lama kelamaan data mereka akan habis.

3 cara menonaktifkan autoplay instagram yang sudah dibahas sudah saya cek sendiri dan hasilnya work banget. Kelebihannya kuota jadi hemat, batre lebih awet hingga jaringan yang lebih stabil. Kekurangannya cuma dibagian video jadi harus ditekan play telebih dahulu dan jika menggunakan cara yang kedua, jaringan agak kurang maksimal.

Baca juga : Cara mendapatkan centang biru di Instagram

Demikian yang bisa saya sampaikan untuk pembahasan memantikan autoplay video di Instagram dengan mudah. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan sertakan dalam kolom komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terimakasih.