--> Skip to main content

25+ Ciri-Ciri Kucing Akan Mati Yang Harus Diketahui

25+ Ciri-Ciri Kucing Akan Mati Yang Harus Diketahui

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas Ciri-ciri kucing mau mati yang harus diperhatikan. Hal ini sangat penting karena jika kucing akan mati kita tidak panik.

Apakah kamu adalah seorang pecinta kucing?

Jika iya, maka kamu harus tahu ciri-ciri kucing akan mati supaya bisa diperhatikan lebih lanjut. Tahu gak, sebelum mati ternyata kucing sering kali menampakan beberapa tanda atau ciri seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Ciri-Ciri Kucing yang Akan mati

Kucing memang banyak diperlihara, tercatat tidak sedikit orang yang suka sama hewan berbulu halus ini.

Namun banyak orang tidak mengerti bahwa ada beberapa gejala dan tanda-tanda kucing akan mati.

Jika kita perhatikan, banyaknya pertanda bahwa kucing sedang sekarat harus diperhatikan oleh setiap pemiliknya.

Baca juga : Cara Mudah Menjinakkan Kucing Persia Liar!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kucing mau mati, dan itu sangat penting. Seperti kucing nampak lesu dan tidak mau bergerak untuk beraktivitas, hingga ada beberapa gejala aneh lainnya yang perlu kamu perhatikan.

1. Mengalami Perubahan Pola Makan

Ciri-ciri kucing akan mati yang pertama adalah terjadinya penurunan atau hilangnya nafsu makan dan minum pada kucing.

Meski tidak selamanya benar, namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa kucing yang mengalami perubahan pada pola makannya cenderung akan mati.

Untuk memahaminya, kamu harus tahu apa penyebab kucing tidak mau makan serta minum, bisa saja karena bukan makanan favorit atau memang tubuhnya sedang sakit. Jadi perlu perhatian khusus untuk mengetahui masalahnnya terletak dimana.

Awas, jangan sampai salah mengartikan, apakah kucing kamu sakit atau memang akan mati. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memberinya pancingan makanan, kalo memang habis maka dia baik-baik saja.

Tapi jika tersisa banyak maka ada tanda bahwa kucing akan mati. Hal ini terlihat karena jika mereka hendak mati, kemampuan organ tubuh mereka akan melemah.

Oleh karenanya mereka akan hilang nafsu makan atau minum, jangan lupa juga untuk memperhatikan ciri-ciri kucing akan mati lainnya supaya kamu lebih mengerti lebih dalam.

2. Malas Beraktivitas

Kucing yang akan mati pada umumnya malas untuk beraktivitas dan memilih untuk diam dan tidur.

Kucing pada umumnya jarang tidur dan suka melakukan berbagai aktivitas. Jika sudah demikian kamu perlu waspada siapa tahu kucing hendak mati.

3. Mengalami Stress

Tingkah kucing dapat terlihat dari cara mereka berinteraksi, jika kurang merasa nyaman dengan keadaan sekitar bisa jadi kucing mengalami stress yang mengakibatkan mereka juga susah untuk beristirahat. Jika memang benar hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri bahwa kucing akan mati.

Untuk mengetahuinya kamu harus bergegas dalam menangani masalah tersebut misal dengan memberikan tempat tidur yang nyaman, memberikan makanan kesukaannya serta memberikan ruangan yang nyaman supaya dia bisa beristirahat dengan tenang.

4. Sering muntah

Ketika kucing akan mati, mereka cenderung akan sering muntah tak beraturan. Hal ini tidak menutup kemungkinan mereka mengalami kerusakan organ yang gagal fungsi, sehingga mereka akan terus mengalami muntah.

Salah satu langkah yang perlu diperhatikan adalah menjaga mereka agar tidak dehidrasi, karena jika mereka kekurangan air maka tubuh akan semakin melemah dan mempercepat kematian.

Berikan beberapa vitamin supaya mereka sembuh kembali, atau jika semakin parah silahkan bawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan.

5. Nafas Tidak Beraturan

Ciri lain ketika kucing akan mati adalah nafasnya menjadi tidak beraturan dan terasa sesak karena organ tubuhnya sudah melemah.

Organ penting seperti paru-paru dan jantung sangat vital sehingga jika terganggu maka proses sirkulasi udara akan terhambat.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ketika kucing sedang sekarat mereka akan sangat kekusahan dalam menghela nfas dan tarikannya akan semakin cepat dan oksigen akan lebih banyak.

Hal ini tidak normal karena pada umumnya kucing normal akan bernafas paling tidak 20 sampai 30 kali dalam satu menit.

Untuk mengatasinya kamu perlu memperhatikan ketika mereka bernafas, carana cukup dengarkan saja apakah beraturan atau tidak. Jangan lupa untuk senantiasa mengecek berat badan kucingmu ya.

6. Detak Jantung Mulai Melemah

Karena sirkulasi udara tidak baik yang disebabkan oleh pernafasan yang terganggu, ciri kucing yang akan mati adalah jantung juga ikut melemah. Jantung kucing normal biasanya akan berdetak kurang lebih 150 hingga 220 dalam semenit.

Cara mudah untuk mengetahui apakah jantunnya mulai melemah atau tidak ialah dengan menempelkan telapak tangan pada dada sebelah kiri dan sisi belakang kaki depan, hitung detak jantungnya apakah sesuai atau tidak.

Jika sesuai maka kamu bisa bernafas lega, tetapi jika detak jantung kucing kamu tidak normal maka harus berhati-hati.

7. Mengalami Gangguan Penglihatan

Gangguan pada otak dapat menyebabkan beberapa gangguan pada kucing, salah satunya adalah penglihatan yang semakin memburuk.

Ketika penglihatan kucing terganggu mereka cenderung akan sempoyongan dan mudah menabrak layaknya seorang yang sedang mabuk.

8. Lebih sering Tidur

Bukan malas, biasanya ada penyebab lain mengapa kucing lebih banyak tidur. Ahli kucing mengatakan bahwa jika mereka itu lebih banyak tidur daripada beraktivitas maka ada kemungkinan organ tubuh mereka mulai melemah sehingga jika terlalu banyak aktivitas mereka akan kelelahan.

Ini bisa jadi salah satu pertanda kucing akan mati. Karena pada umumnya kucing akan lebih banyak bermain seperti berburu dan jalan-jalan untuk menikmati hidup. Jika mereka tiba-tiba jadi sering tidur maka kamu perlu waspada.

9. Adanya Perubahan Sikap

Jika kamu adalah maniak kucing maka tentu tahu dan paham dong dengan kebiasaan mereka. Jika tiba-tiba saja berubah dan terlihat aneh maka kamu perlu berhati-hati karena bisa saja kucing tersebut akan mati.

Tetapi, jangan cepat menyimpulkan karena bisa saja itu merupakan pertanda bahwa kucing kamu sedang sakit.

10. Kucing Tidak Berusara

Pada umumnya seekor kucing tentu akan bersuara apalagi ketika mereka menemukanan makanan kesukaannya.

Jika dia tiba-tiba saja diam dan tidak bersuara maka bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa kucing akan mati.

Biasanya ia akan mengeong kerasa ketika ajalnya sudah dekat dan perlahan akan mengecil seiring dengan berjalannya waktu.

11. Suhu Tubuh Menurun

Kucing rata-rata memiliki suhu tubuh antara 35 sampai dengan 38 derajat celcius, jika over atau kurang dari itu maka kemungkinan dia mengalami salah satu ciri-ciri kucing akan mati.

Cara ampuh untuk mengetahuinya adalah dengan menempelkan termometer khusus hewan pada telinganya. Selain itu kamu bisa mengecek apakah telapak tangannya dingin atau tidak, jika iya maka dia sudah di ujung usia.

12. Denyut Jantung Melemah

Selain penurunan suhu, ketika denyut jantung kucing melemah maka dapat dipastikan dia akan segera mati. Jadi kamu harus memperhatikan hal tersebut.

Perhatikan, jika denyut jantungnya semakin lama semakin melemah itu jadi sinyal positif kucing kamu akan mati.

13. Kesulitan Mencerna Makanan

Organ tubuh mulai melemah, jantung juga ikut melemah maka secara keilmuan dia juga akan susah dalam mencerna makanan.

Untuk memastikan dia bisa normal kembali ada baiknya memberi makanan yang halus dan mudah dicerna sehingga organ di dalamnya perlahan bisa sembuh.

14. Badan Kucing Mengeluarkan Bau yang tidak Sedap

Toksin akan bergunsi untuk mengatur semua zat-zat yang beracun di dalam tubuh.

 Ketika organ sudah kurang berfungsi dengan baik otomatis mereka tidak bisa mengendalikan toksin sehingga badan kucing akan menjadi bau dan tercium aroma tidak sedap akibat zat beracun yang sudah tidak terkendali.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memandikan kucing tersebut supaya tidak terlalu bau.

15. Sering Mengeong dan Mengasingkan Diri

Ketika menjelang akhir hidupnya biasanya kucing itu sering memperlihatkan beberapa pertanda seperti sering mengeong namun ditempat yang sepi.

Hal tersebut seakan memberi tahu kita bahwa hidpnya sudah tidak akan lama lagi.

16. Bulunya mulai Rontok

Ketika umurnya sudah tua dan bulunya mulai rontok itu bisa jadi pertanda bahwa kucing kamu mau mati. Hal ini terjadi karena bagian tubuhnya yang sudah rusak tidak bisa menerima asupan nutrisi sehingga mudah rontok.

Jika sudah begini kamu harus bisa memelihara bulunya dengan baik, semisal memberikan sampo nutrisi supaya rambutnya tidak mudah rontok.

17. Kucing jadi Lebih Sensitif Terhadap Lingkungan

Salah satu alasan kenapa kucing akan mati dalam waktu dekat adalah sensitifitasnya mengalami kenaikan.

Misalnya ketika mereka melihat cahaya atau mendengar suara maka mereka akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman.

18. Mereka Kesulitan Saat Buang Air

Kesulitan ketika ingin buang air bisa terjadi karena kucing sedang sakit atau mereka benar-benar akan mati.

Ketika organ atas mengalami gangguan, maka sama halnya dengan organ bawah, contohnya ketika mereka hendak buang air.

Bukannya akan mudah, mereka justru akan merasa kesulitan bahkan bisa terjadi dimana saja, untuk itu kalian perlu sabar dan tetap waspada ya.

19. Tubuhnya Lebih Kurus Dari Biasanya

Ketika kamu mendapati bahwa tubuhnya mulai mengalami penurunan berat badan, ada kemungkinan dia sedang mengalami ciri-ciri kucing akan mati dalam waktu dekat.

Untuk membantuya kembali mendapatkan tubuh yang normal coba untuk memberi dia vitamin dan makanan yang bernutrisi.

20. Mengalami Kejang-Kejang

Pada dasarnya kucing sama-sama makhluk hidup seperti manusia. Jika dia mengalami kejang-kejang maka sudah dapat dipastikan bahwa dia akan segera mati.

Biasanya hal tersebut sering dibarengi dengan mata terbalik dan bibir berbusa.

Kamu harus sabar karena jika hal tersebut terjadi, bisa dipastikan itu merupakan ciri ciri kucing mau mati.

Tanda Kucing Akan Segera Mati :
  1. Giginya mulai rontok.
  2. Perlahan Menjauhi sang pemilik.
  3. Terdapat kotoran mata yang mengumpul.
  4. Dia Bersembunyi dan tidak ingin ada jejak.
  5. Mukanya akan Terlihat Tua dan Tidak Sehat.
  6. Dan Lain-lain.
Diatas merupanan beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri kucing akan mati. Namun harus kamu ketahui bahwa semua yang saya tulis diatas merupakan kebenarannya karena ada banyak faktor kenapa kucing kamu meninggal.

Bisa saja kucing tersebut hanya terserang penyakit yang menyerupai beberapa ciri kucing akan meninggal diatas.

Baca juga : Manfaat Memelihara Kucing Bagi Manusia

Namun jika memang benar, maka kamu harus sabar ketika kucing kesayangan mati.

Hal ini bisa menjadikan pelajaran terhadap kita bahwa dari awal kita harus bisa membahagiakannya dan memberinya hidup yang layak sehingga ketika kucing perliharaan mati kita tidak akan menyesali apapun.