--> Skip to main content

Macam Macam Warna Air Laut dan Penyebabnya

Macam Macam Warna Air Laut dan Penyebabnya

Apakah kalian tahu macam-macam warna air laut?  jika tidak, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis warna air laut serta penyebabnya.

Pernahkah kalian melihat air laut yang selalu berubah?  ternyata air laut memiliki beragam jenis warna. Tidak hanya biru saja tetapi ini ada yang berwarna merah kuning hijau dan lain sebagainya.

7 Warna Air Laut

Berikut ini adalah beberapa warna air laut yang perlu diketahui, silahkan simak dengan baik.

1. Warna Biru

Mengapa air laut berwarna biru?  Hal ini karena warna air laut dipengaruhi oleh sinar matahari yang bergelombang pendek  yang dipantulkan lebih banyak daripada warna lainnya.

2. Warna Hijau

Penyebab warna air laut hijau kendala karena adanya tumbuhan, plankton, serta lumpur hijau yang terkandung di dalam laut tersebut.

3. Warna Kuning

Air laut berwarna kuning disebabkan oleh  dasar laut yang terdapat lumpur kuning.

4. Warna Putih

Air laut yang berwarna putih berasal dari permukaan yang selalu tertutup es dan salju. Biasanya air putih terdapat di Kutub Utara dan Selatan.

5. Warna Ungu

Air laut yang berwarna ungu disebabkan oleh adanya organisme yang mengeluarkan Sinar fosfor contohnya adalah laut Ambon.

6. Warna Merah

Air laut yang berwarna merah disebabkan karena banyaknya binatang-binatang kecil berwarna merah yang terapung di permukaan laut.

7. Warna Hitam

Air laut yang berwarna hitam disebabkan oleh pengaruh Lumpur Hitam yang ada di dasar laut.  Contohnya adalah Laut hitam di Turki

Demikian pembahasan kali ini tentang warna air laut dan penyebabnya. Jika diperhatikan memang benar bahwa air laut itu tak selamanya biru, banyak sekali warna-warna yang cantik seperti warna merah, hijau, kuning, ungu, hitam dan lain sebagainya.

Bagaimana pendapat kalian tentang macam warna air laut ini?  Tuliskan di kolom komentar ya... Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Terima kasih.