--> Skip to main content
6 Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Dengan Tugasnya

6 Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Dengan Tugasnya

--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Konten [Tampil]
6 Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Dengan Tugasnya

Duniaawam.com - Secara garis besar bola voli adalah sebuah permainan antara dua grup yang berisikan masing-masing 6 pemain.

Dalam permainan bola voli tentu tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya teknik dasar,  perangkat permainan serta posisi-posisi bermain bola voli.

Biasanya pemain yang baru terjun hanya mengenal istilah-istilah seperti tosser atau spiker.  Ya kedua posisi tersebut memang paling favorit dalam permainan bola voli.

Padahal tidak hanya sebatas itu saja masih banyak macam-macam posisi permainan bola voli yang belum diketahui.

Untuk itulah kali ini  dunia awam akan membahas nama posisi pemain bola voli  sangat penting untuk diketahui.

Nama-Nama Posisi pemain bola voli beserta tugasnya

Ada 6 Posisi pemain bola voli yaitu Setter, Outside Hitter Kanan, Middle Blocker, Opposite, Outside Hitter Kiri dan Libero/Defender.

4 Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Dengan Tugasnya

1. Setter/Tosser

Setter adalah pemain yang mengatur serangan atau yang biasa disebut dengan otak permainan dalam sebuah tim bola voli. Jadi tosser berhak untuk memberikan perintah ketika hendak melakukan serangan.

Seorang tosser dituntut untuk bisa memberikan umpan bagus kepada rekan setimnya terutama untuk Smasher atau spiker.


Dalam permainan bola voli server adalah posisi dimana pemain harus melakukan servis. Setelah melakukan servis mereka akan kembali ke posisi semula (tergantung dari posisi awalnya).

Biasanya server ini akan melakukan tugas pertama dalam permainan karena biasanya adalah pertanda Permainan akan dimulai.

2. Outside Hitter (Kanan)

Spiker atau Smasher ini merupakan posisi yang paling vital dalam penyerangan. Apabila Spiker ini gagal otomatis kita tidak akan bisa mendapatkan poin. 

Posisi spiker ini berada di samping kanan tosser, tugasnya bukan hanya untuk mencetak angka tetapi mereka juga bisa menggagalkan serangan lawan dengan cara memblok ketika mereka akan melakukan smash.

3. Middle Blocker

Middle Blocker adalah sebuah posisi dimana pemain tersebut harus bisa menyerang dan melakukan block ketika lawan hendak memasukan angka.

Mereka bisa juga disebut sebagai pemain kunci saat menghadang serangan lawan dan memberikan ruang kepada pemain lainnya untuk mencetak angka.

4. Opposite


Opposite adalah tugas dimana seorang pemain akan menerima lebih banyak bola untuk menyerang. Posisinya yang diagonal dengan setter biasanya dikenal dengan istilah "Sebrang".

5. Outside Hitter (Kiri)

Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang paling sering mencetak angka dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini biasanya posisi wing spiker ini diisi oleh pemain dengan kekuatan dan teknik melakukan smash yang baik.

Kebanyakan dari mereka biasa disebut sebagai Ace, atau artis dalam permainan bola voli. Untuk itulah setiap serangan hampir bertumpu kepada mereka.

6. Defender atau Libero

Jika tadi kita sudah mengenal yang namanya Smasher kita juga harus bisa memahami apa itu defender dalam permainan bola voli.

Dalam posisi Defender mereka bertugas untuk bisa menahan serangan atau menggagalkan lawan untuk mencetak angka dengan cara menahan bola.

Mereka berkewajiban untuk menerima bola pertama saat musuh menyerang. Setelah berhasil mendapatkan bola, mereka bisa langsung memberikannya kepada tosser untuk melakukan serangan balik.

Pemain yang berposisi sebagai Libero wajib menguasai passing atas serta passing bawah. Libero ini juga fleksibel dimana mereka bebas keluar masuk membantu blocking atau melakukan smash kepada pertahanan lawan.

 Kesimpulan

Jadi posisi pemain pemain bola voli 4 yaitu Server, Spiker/Smasher, Tosser/Setter, Defender/Libero. Setiap posisi tersebut harus diisi oleh satu pemain dan beberapa pemain cadangan. 

Untuk mengisi posisi tersebut pemain yang ditugaskan harus mempunyai skill serta kemampuan di bidangnya masing-masing, sehingga peluang untuk menang semakin besar.

Demikian ulasan tentang posisi lampu bola voli lengkap dengan tugas serta aturan-aturan yang harus kuasai oleh para pemain. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silakan lampirkan di kolom komentar, Semoga bermanfaat dan Terimakasih.