--> Skip to main content
Ukuran Gambar Instagram Dan Cara Agar Gambar Tidak Terpotong di Instagram

Ukuran Gambar Instagram Dan Cara Agar Gambar Tidak Terpotong di Instagram

--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Konten [Tampil]
Ukuran Gambar Instagram

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang ukuran gambar di Instagram dan cara agar gambar tidak terpotong di Instagram sehingga hasil upload Feed, Story, video serta IGTV yang di upload pas dan sesuai dengan luas yang ada.

Saat ini hampir seluruh pengguna sosial media mulai beralih ke Instagram, bisa dibilang sosmed yang saat ini paling populer di antara yang lainnya. Hal tersebut menggambarkan bahwa Instagram cukup diminati oleh para penduduk Indonesia.

Meski banyak penggunanya, pernahkah diantara kalian ada yang mengalami foto atau video terpotong di IG sehingga kurang enak dilihat? Saya Yakin pasti pernah.

Benar bukan? Lalu Bagaimana cara mengetahui ukuran gambar di Instagram dalam CM agar tidak terpotong?

Mematuhi Aturan di Instagram

Jika kalian tidak ingin foto dan video yang di upload tidak full alias terpotong maka harus mematuhi pedoman dari pihak Instagram, dan berikut ini kelebihannya.
  • Gambar atau Video terlihat lebih rapi dan tidak terpotong.
  • Nyaman untuk dilihat
  • Bisa dilihat banyak orang karena bagus
  • Akan meningkatkan omset penjualan bagi kalian yang sering menggunakan IG ADS.
Setelah mengetahui apa saja kelebihan yang diberikan jika mematuhi guide dari pihak Instagram. Saatnya kita beraksi, yuk kita simak saja ulasannya.

Ukuran Gambar di Instagram

Diketahui bahwa Instagram memiliki beberapa jenis postingan yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Biasanya yang paling hits adalah Story, Feed, Video hingga IGTV.

Ukuran Gambar Instagram

Jenis postingan tersebut memiliki ukuran serta dimensi yang berbeda, diantaranya ada yang dinamakan dengan Landscape, Potrait hingga Square. Berikut ini adalah ukuran Foto dan Video di Instagram :

Ukuran Feed Instagram 

  • Ukuran Persegi 1:1 (1080 x 1080 pixel)
  • Ukuran Potrait 4:5 (1080 x 1350 pixel)
  • Ukuran Landscape 1.91:1 (1080 x 608 pixel)

Ukuran Instagram Story

  • Ukuran Potrait 9:16 (1080 x 1920 pixel)

Ukuran Video Instagram

  • Ukuran Persegi 1:1 (600 x 600 pixel) 30 fps – 60 second
  • Ukuran Potrait 4:5 (600 x 750 pixel) 30 fps – 60 second
  • Ukuran Landscape 1.91 (600 x 315 pixel) 30 fps – 60 second

Ukuran IGTV

  • Ukuran Cover 1:1.55 (420 x 654 pixel)
  • Ukuran Video Landscape 16:9 (Minimal 720p) 30 Fps
  • Ukuran Video Potrait 9:16 (Minimal 720p) 30 Fps

Cara Agar Gambar Tidak Terpotong di Instagram

Gambar di Instagram yang terpotong memang sangat menjengkelkan. Benar bukan? Biasa kita sering emosi jika foto yang niatnya ingi  ditampilakan full layar tetapi malah terpotong dan hasilnya tidak terlalu bagus.

Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengambil foto atau video langsung dari aplikasi Instagram. 

Alasannya karena Instagram sudah tersedia fitur yang otomatis menyesuaikan dengan format satu persatu Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi gambar akan terpotong.

Hal ini akan memudahkan sebelum mengupload foto Sehingga ukuran gambar di Instagram tidak terpotong bisa sesuai dengan feed yang ada.

Tetapi bagaimana jika saya sudah menyiapkan gambar tetapi malah terpotong? Tenang saja kami punya solusinya untuk kalian.

1. Membuat Foto Bentuk Persegi

Saat hendak mengupload sebuah foto ke Instagram sebaiknya kalian harus memikirkan Bagaimana bentuk dan resolusi pada  foto tersebut. Resolusi foto ini nantinya akan berpengaruh terhadap bagus tidaknya atau pecah tidaknya setelah foto diupload.

Apalagi kalau kalian melihatnya dari besar seperti TAP dan semacamnya. Pemilihan resolusi foto yang kecil  di bawah 1000 pixel pasti akan terlihat pecah Untuk itu kita harus memilih foto dengan resolusi di atasnya.

Dengan menggunakan resolusi foto yang besar kualitas foto akan tetap terjaga sehingga tidak pecah walau dilihat dari HP yang mempunyai bagian besar.

Selain itu kita harus memperhatikan resolusinya berapa Kalian juga harus memperhatikan ukuran foto di Instagram dalam cm agar tidak terpotong. Biasanya agar foto terlihat pas dan tidak terpotong kita harus memilih bentuk persegi.

Untuk membuat foto di Instagram berbentuk persegi caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyamakan lebar serta tingginya saja. Misalnya contoh ukuran foto persegi 1080 X 1080 pixel setara dengan  29 X 29 cm. Jadi intinya Resolusi foto harus 1 / 1 agar terlihat bersedih.

2. Mengatur Ukuran Foto Profil Instagram

Foto yang tadi disebutkan itu hanya untuk bagian video profil yang bentuknya panjang. Sementara ukuran foto di Instagram dalam cm agar tidak terpotong  di foto profil seharusnya  memiliki ukuran yang terlihat kecil 3 X 3 cm. Dengan ukuran tersebut sudah cukup agar foto profil kita terlihat lebih kering dan lebih  menarik di mata orang lain.

3. Mengatur Ukuran Story Instagram

Agar Instagram Story tidak terpotong kita perlu mengatur ukurannya agar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Instagram dengan ukuran Potrait 9:16 (1080 x 1920 pixel). 

Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah Kinemaster dan Power Director. Kalian bisa cari di google bagaimana cara menyesuaikan ukuran video atau fotonya ya, selamat mencoba.

4. Mengatur Ukuran Video Instagram

Video adalah yang paling rumit jika tidak tahu cara untuk menyesuaikan ukuran video agar tidak terpotong di Instagram.

Untuk menyesuaikannya kita hanya perlu mengedit video dengan Ukuran Persegi 1:1 (600 x 600 pixel) 30 fps – 60 second, Ukuran Potrait 4:5 (600 x 750 pixel) 30 fps – 60 second dan Ukuran Landscape 1.91 (600 x 315 pixel) 30 fps – 60 second.

Ketiga ukuran tersebut merupakan aturan resmi dari pihak pengelola aplikasinya, jadi jika video kita sudah sesuai maka tidak akan terpotong ya. Untuk mengeditnya bisa menggunakan aplikasi yang sama dengan langkah sebelumnya.

Demikian pembahasan kali ini tentang Ukuran Gambar di Instagram dan Cara Agar Foto Tidak Terpotong di Instagram. Semoga kalian bisa dengan mudah mengedit foto dan video yang terpotong. Semoga materinya bermanfaat, Terimakasih.