Backdrop: Harga Terbaru, Contoh dan Prosedurnya

Pembahasan Backdrop dibawah ini semoga bisa membantu kalian. Sekarang ini banyak orang menggunakan backdrop sebagai hiasan acara baik kecil maupun besar.

Contoh backdrop panggung, ulang tahun dan pernikahan menjadi bahasan yang menarik. Dalam sebuah acara tentu kalian membutuhkan latar belakang yang keren.

Apa Itu backdrop?

Backdrop adalah sebuah latar belakang yang biasa digunakan pada sebuah acara. Baik itu ulang tahun, acara kantor, wisuda, anniversari, Agustusan, Natal, Reuni, Pensi, Festival, Konser, Lomba pengajian dan lain sebagainya.

Bentuk dan contoh backdrop sudah sering kalian temukan. Untuk menggunakannya kita bisa menggunakan jasa sewa di tempat yang tersedia.

Namun, untuk membuat acara dengan latar belakang yang unik dan menarik selain mengandalkan sewa kalian bisa membuatnya sendiri dengan melihat beberapa contoh desain backdrop supaya tidak kesulitan saat hendak membuatnya.

Untuk membuat sebuah background keren ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan serta sangat beragam jenis mulai dari CorelDraw, Photoshop, AutoCad, Adobe Tools, Cinema 4D dan masih banyak software yang bisa digunakan untuk membuat gambar Backdrop unik ini.

Yang lebih cocok menurut saya adalah Corel Draw karena didesain khusus untuk membuat gambar background cdr, tapi itu tergantung pribadi masing-masing ya.

Owh ya, buat yang mau pesan online biasanya kalian perlu tuh buat bikin backdrop format cdr, karena biasanya kalo pakai image aja, harus bayar lagi jasanya.

Beberapa contoh background akan saya berikan, itupun hasil dapet dari mbah Google yang udah di filter. Tapi ya lumayan lah daripada susah cari kesana kemari. Ya kan?

Selain disana, kita juga bisa melihatnya lewat media sosial seperti Facebook (FB), Instagram (IG), Twitter, WhatsApp, LINE dan sebagainya. Banyak tuh orang yang share.

Kalo saya biasanya liat di iklan-iklan, kan ada tuh even-even dan acara-acara. Nah, disana biasanya suka banyak wallpaper backdrop kekinian yang bisa dijadikan reverensi.

Nah, buat yang udah penasaran kisaran berapa aja dan bahannya apa aja kalo mau bikin berikut adalah ulasannya.

Harga Backdrop

Buat harga atau price itu ada dua kategori, kalo mau yang cetak sendiri ada di pembahasan pertama dan jika ribet dan mau sewa aja ada di pembahasan kedua. Silahkan eksplor aja, kalo ada yang salah kontak biar nanti dibenerin.

Untuk harganya sendiri biasanya tergantung daerah masing-masing ya. Jadi data ini tidak bisa dijadikan sebagai Fix Harga, jadi cukup jadikan referensi saja.

Harga Backdrop Terbaru

Berikut ini adalah adalah harga backdrop :

  1. Bahan flexy cina, cocok untuk dibagian outdoor harganya kisaran 25rb-35rb/m2.
  2. Flexy korea lebih bagus dan dibandrol dengan harga kisaran 55 – 65rb/m2.
  3. Flexy Jerman memiliki harga kisaran 60-70 rb/m2.
  4. Albatros sangat cocok untuk promosi di area indoor dan dibandrol dengan harga kisaran75rb/m2.
  5. Luster yang biasanya digunakan x banner dan roll up banner dibandrol dengan harga kisaran 100 rb/m2.
  6. Backdrop cloth mempunyai permukaan halus dan kisaran harganya sekitar 35-50rb/m2.

Dengan harga backdrop terbaru, memungkinkan kita untuk memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah backdrop.

Daftar Harga Sewa Backdrop

Bagi yang emang merasa ribet dan susah buat bikin background acara yang kreatif, bisa menggunakan jasa yang ada. Baik online maupun offline.

  • Backdrop kayu, kisaran harga sewanya adalah Rp.150-180 rb/m2 (Biasanya sudah include sama sewa lampu, jasa cetak sama bongkar pasang).
  • Backdrop Portable, harga sewa jenis latar belakang ini biasanya kisaran 180-200 rb/m2. Sementara jika ingin membeli yang permanen biasa dijual dengan harga 3 jutaan (3×3).

Secara keseluruhan hampir sama kalo di tempat saya, enggak tahu kalo di tempat yang lainnya mungkin bisa kurang atau bisa lebih.

Semuanya tergantung sama bahan dan biaya cetaknya sih. Kalo medianya mah bisa disesuaikan sama kebutuhan aja.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak mencetak sebuah banner atau latar belakang untuk kebutuhan sebuah acara.

Tips Sebelum Mencetak Backdrop

  1. Pilih Percetakan yang Sudah Mempunyai Nama. Biasanya kalo yang brand nya sudah naik, mereka akan menjaga keupasan konsumen dan kalo misalkan ada hasil yang kurang memuaskan bisa dipertanggung jawabkan (dapet garansi).
  2. Perhitungkan Harga dan Kebutuhan Backdrop. Setelah serk sama percetakannya. Sekarang tanyakan berapa harga cetak sebuah banner. Kalo misalnya 25 rb/m2. Maka tinggal hitung saja dari kebutuhan jadi bila kebutuhannya adalah 3×3 maka tinggal kali kan dengan harga. 3 x 3 x 25.000 = Rp. 225.000.
  3. Pilih Bahan yang Sesuai. Karena semua percetakan di tentukan sama bahan, maka pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk beberapa bahannya sudah dijelaskan tadi ya (silahkan scroll lagi). Selain bahan, sesuaikan juga tempatnya kira-kira mau dimana biar nanti enggak bingung. Kalo misalnya mau di luar menggunakan Flexy Cina sementara di dalam bisa menggunakan Albatros.
  4. Cek Kelengkapan. Buat kamu yang enggak punya kerangkanya lebih baik tanyakan saja kepada percetakan tersebut. Jangan lupa untuk nego harga ya, pastikan juga sesuai dengan kebutuhan. Pilih yang sekailan menyediakan PAKET (jasa cetak, bongkar pasang sama transfortasi). Tujuannya biar ekonomis dan harga akan mudah di nego karena kita memborong semuanya satu paket.
  5. Gunakan Resolusi yang Bagus. Biasanya resolusi juga akan berdampak terhadap hasil cetak. Kalo bagus dan tinggi maka bisa hasilnya akan memuaskan. Tapi, kalo jelek biasanya gambar buram dan kurang jelas. Resolusi 2000 pixel ke atas sudah cukup bagus. Kalo perlu tanyakan dulu kepada tempat percetakannya rata-rata ukuran yang digunakan berapa, biar mereka bisa menyesuaikan sama kebutuhan.

Kumpulan Contoh backdrop keren

Berfoto dengar pasangan, mantan atau teman juga semakin kerena karena menggunakan gambar latar belakang minimalis kekinian.

Terlebih jika kamu merupakan orang yang mempunyai harga diri tinggi, pasti memerlukan background terbaik untuk mendukung moralitas sebuah acara.

Untuk membantu kalian kali ini saya akan memberikan beberapa contoh Backdrop yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan acara umum yang sering diadakan.

Beberapa sampel desain ini saya ambil dari berbagai sumber dalam Google, jadi bukan sepenuhnya hak milik saya sendiri. Mau tau, silahkan simak yang berikut ini.

Contoh Backdrop Abstrak Contoh Backdrop Acara Kantor Contoh Backdrop Asing Games Contoh Backdrop Seminar Contoh Backdrop Pensi Contoh Backdrop Keren Contoh Backdrop Ulang Tahun Anak Laki-Laki Contoh Backdrop Ulang Tahun Anak Perempuan Contoh Backdrop Ulang Tahun Perusahaan Contoh Backdrop Wedding Pernikahan Contoh Backdrop Workshop Contoh Backdrop Agustusan
Dengan adanya kumpulan backgound acara diatas tentu kalian minimal sudah mempunyai gambaran harus membuat contoh Backdop apa yang kira-kira cocok dan keren.

Ide kalian menjadi pertaruhan karena harus membuat latar belakang keren dan unik terlebih jika membuka usaha jasa Backdrop. Jika hasilnya bagus tentu orang akan tersanjung dengan karya yang kita hasilkan.

Itulah pembahasan kali ini mengenai beberapa Backdrop unik yang bisa dijadikan reverensi dalam membuat background keren untuk Foto shoot dalam sebuah acara kecil maupun besar.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah ilmu, jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada banyak orang agar mereka tahu, terimakasih.

Tinggalkan komentar