Bisnis Makanan dari Singkong Paling Menguntungkan
Bisnis Makanan dari Singkong

10 Bisnis Makanan dari Singkong yang Menguntungkan

Diposting pada

Bisnis makanan dari singkong adalah salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dengan modal minim namun berpotensi mendatangkan profit yang besar.

Singkong adalah ubi kayu/ketela pohon yang bisa tumbuh dimana saja dan cara penanamannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus.

Di pasar, biasanya singkong dijual dengan harga terjangkau. Oleh karena itu banyak orang menemukan peluang bisnis makanan dari singkong.

Masyarakat Indonesia khususnya di perkampungan biasanya mengolah salah satu jenis ubi ini dengan cara direbus atau digoreng sampai matang. Saya yakin kalian itu kreatif dan nyatanya nyasar kesini sedang mencari “Bisnis makanan dari singkong” untuk menambah penghasilan.

Dulu, di TV ada tuh salah satu pengusaha singkong yang omzetnya sampai dengan ratusan juta hanya dengan menu andalannya kalo gak salah singkong keju, bisa kalian ATM tuh. Ya, Amati Tiru dan Modifikasi menjadi hal unik dan menarik.

Inovasi Pengolahan Singkong

Saya harap apa yang akan saya tulis bisa menambah wawasan dan membuka pemikiran kalian untuk mendapatkan ide bisnis makanan dari singkong. Saya akan berbagi pengalaman saya tentang topik ini. Oh ya, tulisan ini akan terus saya update secara berkala untuk menunjang konten berkualitas untuk para pembacanya.

Jika kalian perhatikan di kantin sekolah banyak sekali makanan dengan bahan singkong yang banyak diminati oleh para siswanya seperti keripik hingga gorengan daun singkong dan tentunya masih banyak lagi yang bisa kita buat dari sebuah ubi pohon ini.

Salah satu produk singkong yang dikenal luas oleh masyarakat adalah Qtela, Kita ambil contohnya dari perusahaan besar yang sukses. Di supermarket sendiri saya juga menemukan beberapa makanan yang mirip namun tetap memiliki rasa yang super enak, harganya juga jauh lebih terjangkau.

Ini nih yang bakal kita lakuin agar nantinya mendapatkan olahan singkong bernilai jual tinggi. Kalo enggak tinggi minimal kita punya usaha sampingan dan kita bisa membuka yang lainnya. Kan bisa jadi double income!

Ya, paling enggak kita cuma harus pintar promosi dan sesekali ngadain promo untuk menarik minat para pembeli. Ulasan ini sudah saya bahas lengkap di cara meningkatkan OMSET hingga kebanjiran orderan, bisa lihat di artikel ini.

Menentukan Kualitas Bahan

Sebelum membuat sebuah produk tentu harus diketahui dong gimana caranya mendapatkan bahan berkulitas tinggi. Tujuannya, biar nanti makanan yang dipasarkan terjamin kualitasnya. Terutama dari segi keawetan dan rasanya, kan gak setiap hari orang beli di satu tempat aja kan.

  • Perhatikan pada bagian kulitanya apakah masih baru atau sudah lama (Lihat dari warnanya).
  • Pilih singkong yang masih putih/kekuningan supaya lebih enak, awas jangan yang biru ya.
  • Gunakan yang masih berisi bukan yang kecil,
  • Pastikan singkong masih empuk dan tidak keras.

Tahapan itu yang nenek saya ajarkan dulu waktu memilih mana singkong yang baik untuk dimasak. Pastikan gak kelewatan bagaimana cara membedakan singkong yang baik dan bagus untuk bahan pengolahan makanan.

Selain dari rasa dan ketahanan penilaian pembeli terhadap produk yang akan kita jual juga wajib banget kalian perhatiin dan jangan sampai buat mereka kecewa.

Produk Olahan Singkong Inovatif

Udah waktunya nih kita bahas bisnis makanan ringan dari singkong, diantara kalian pasti udah ada yang gak sabar pengen tahu dan ingin segera membuat olahan singkong yang enak. Yuk, kita langsung aja ke nomor satu.

Singkong Goreng /Rebus

Singkong goreng atau singkong rebus merupakan makanan sederhana dari pada berbagai jenis olahan singkong lainnya. Kalau di daerah saya tinggal menggorengnya sampai matang dan agak renyah maka kanan ini sudah terasa istimewa karena gurih dan renyah.

Kunci dari masakan ini adalah pemilihan bahannya, sudah ditekankan di awal ya. Jika menggunakan bahan yang tepat maka singkong goreng/rebus ini akan terlihat merekah dan empuk saat dimakan.

Pada umumnya olahan ini biasa dijumpai di warung gorengan yang di capur dengan olahan lainnya seperti tempe goreng, Cireng, Bakwan goreng atau makanan lainnya. Artinya bisnis makanan ini lumayan menghasilakan ya.

Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan olahan ketela pohon yang sudah lumrah di masyarakat. Peluang usaha yang bisa kalian dapatkan sangat besar apalagi jika punya cara tersendiri dan memiliki rasa yang khas.

Saya ambil contoh keripik maicih, ada yang tahu? Hampir semua orang tentu sudah tahu dong apalagi orang Bandung mah pasti tahu jajanan yang satu ini.

Nah itu yang saya maksud, dia punya ciri khas rasa pedas tapi nikmatnya gak ketahan sampe nagih aslian deh, Jadi kalian tuh harus bisa nih bikin bisnis makanan dari singkong yang seperti ini.

Cenil

Cenil singkong merupakan olahan sederhana yang dibungkus dengan daun singkong kemudian ditaburi dengan kelapa parut gurih yang membuat makanan ini nikmat ketika di cicipi.

Cendil singkong banyak ditemukan di pasar tradisional atau pasar malam dan ada juga ibu-ibu Pedagang keliling yang membawa dagangan cenil singkong yang di campur dengan makan lainnya seperti kupat tahu atau gorengan.

Bisnis cendil singkong bisa kalian tekuni karena bisa menjadi peluang usaha bagus untuk mendapatkan keuntungan. Kalian bisa mencoba membuat cendil singkong dan menitipkannya ke warung-warung, berjualan dipasar, mensupplay ke minimarket atau jualan online sambil ditambah dengan ide dan kreasi kalian sendiri.

Kolak Ubi Pohon

Kolak singkong adalah makanan rumahan yang sudah tidak asing dan biasa kita jumpai. Proses pembuatan kolak singkong yang mudah dan tidak tahan lama membuat makanan ini jarang kita temui di warung atau pasar.

Oleh karena itu kolak singkong enak bisa menjadi peluang usaha yang bagus asalkan kalian pintar dalam promosi atau menjual olahan ini karena mudah basi. Inovasi dibutuhkan untuk bisa mengembangkan makanan ini.

Yang paling masuk akan adalah merubah atau menambahkan bumbu khusus disertai dengan topping untuk menambah daya tarik pembeli. Walau terlihat murah dan sederhana kita bisa meraup omzet jutaan setiap bulannya. Gak percaya? Coba buktikan sendiri saya aja yang punya profit Rp.400 bisa mendapatkan keuntungan hingga 3 juta dalam sebulan.

Getuk Singkong

Getuk Singkong. Ya, makanan tradisional yang menggugah selera.

Dulu waktu saya masih kecil nenek saya suka bikin tuh Getuk. Awalnya sih heran kok bentuknya kayak gitu, apalagi rasanya udah pasti gak enak. Ternyata eh gak disangka olahan singkong yang satu ini malah jadi makanan favorit saya.

Teksturnya agak sedikit empuk kenyal-kenyal namun gurih. Parudah kelapa diatasnya makin menambah cita rasa makanan khas daerah Jawa Tengah yang awalnya saya pikir gak enak.

Sekarang sudah jarang nemuin yang jual getuk dimana. Nah, orang kan gak selamanya tertarik sama makanan MCD, Ayam Geprek dll tuh, sering kali mereka butuh makanan simple namun bisa dinikmati bersama.

Getuk ini adalah salah satu jawaban dari permasalahan tersebut. Percaya gak percaya biasanya orang kota kalo dikasih makanan khas kampung suka nagih.

Paman saya kan ngerantu tuh di Jakarta, nah pas waktu itu dia bawa getuk bikinan nenek saya. Beberapa jam setelah sampai dia telepon ” Mak, getuknya abis dimakan sama kawan-kawan, mereka pada pesan dan nagih katanya”. Itu salah satu teknik saya menemukan ide bisnis makanan dari singkong sampai sekarang dan alhamdullilah peluang bisnis ini sangat menjanjikan.

Comro

Makanan sederhana lainnya yang dapat diolah dari singkong adalah comro. Bagi kalian orang sunda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan comro karena banyak ditemukan di warung warung dan sangat enak dimakan ketika masih hangat.

Karena jaman sudah berbeda makanan khas Bandung ini sudah mulai terlupakan dan hal ini harus kalian manfaatkan dan menjual comro dengan di tambah kreasi olahan unik.

Skemanya bisa bermacam-macam yang jelas modal Rp.10.000 saja sudah bisa mendapatkan banyak comro yang bisa dijualkan. Comro isi coklat misalnya, atau isinya tuh di rubah jadi mozarella bisa jadi bisnis makanan dari singkong yang pasti tuh kan lidah kampung campur lidah kota ada hal menarik yang bisa kalian pelajari disana.

Donat Singkong

Donat merupakan makanan yang sering di konsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan lezat. Donat terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula dan mentega yang bisa juga ditambah dengan berbagai macam isi seperti selai cokelat, stroberi, kacang, bluberry dan masih banyak lagi.

Jika pada umunya donat menggunakan adonan tepung maka tidaka ada salahnya kalian mencoba untuk menggantinya dengan singkong. Olahan unik ini bisa menjadi bisnis makanan dari singkong yang cukup menguntungkan jika diolah dengan resep dan cara yang benar.

Kroket Singkong

Jika ditinjau keroket kan biasanya terbuat dari kentang yang sudah dihaluskan. Sekarang, kalian ganti tuh dengan bahan singkong yang sudah dipilih. Jangan lupa isinya dikasih daging ayam/sapi biar orang tuh gak rugi kalo beli.

Sayuran yang biasanya jangan diganti, tetep aja karena kan itu khas keroket. Nah kalian belajar aja cara packing yang bener itu seperti apa. Simple aja, ini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Singkong Keju

Udah banyak orang yang jual singkong keju. Tapi gak ada salahnya kan kita analisa dulu apakah ada ditempat kalian yang menjual makanan tersebut?

Nah, jika belum singkong keju bisa jadi alternatif yang bagus. Trik nenek saya dalam memasaknya adalah pertama rebus dulu bahannya (jangan terlalu mateng) Kemudian tiriskan dan jika sudah agak dingin goreng deh sampe merekah. Tinggal taburi dengan cheese diatasnya. Udah jadi olahan singkong manis, simple kan?

Bika Singkong

Secara bentuk makanan ini memang mirip dengan bika ambon yang teksturnya berlubang di tengah. Untuk rasa, hampir sama legit dan nikmat.

Munculkan ide kreasi bisnis kalian misalnya dengan membuat bika singkong panggang. Urusan rasa tergantung resep dan tangan yang bikinnya ya. Parutan singkong yang dicampur dengan berbagai macam bahan kemudian dipadukan dengan santan membuat hidangan ini terasa lebih nikmat apalagi dijadikan sebagai salah satu bisnis makanan dari singkong, tentu akan sagat l.

***

Peluang Bisnis Makanan dari Singkong sangat besar dengan mempertimbangkan serta melihat potensi masyarakat yang mulai meninggalkan makanan khas daerah. Untuk itu, disini peran kaum muda untuk mengembangkan dan menuangkan segala dalam bisnis makanan dari singkong yang mereka miliki.

Diatas, saya hanya paparkan beberapa makanan saja. Diluar sana pasti masih banyak sekali inovasi bisnis makanan dari singkong yang memiliki potensi. Harus kalian gali tuh peluang yang ada.

Strategi promosi dan pemasaran yang bisa digunakan adalah menggunakan media online dengan sertai diskon dan voucher supaya orang lebih tertarik.

Untuk langkah awal, bisa menggunakan teori api dalam bisnis yakni menggunakan teknik mulut ke mulut yang mana lazim digunakan oleh orang yang minim dana.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

3 komentar.

  1. Saat saya kecil sering bikin olahan yang kayak di foto pertama, yang isinya pisang. Saya yang marutin singkongnya dan juga kelapa yang untuk taburannya

  2. Donat singkong menurut saya yang paling berpeluang karena orang lebih tertarik dengan cemilan seperti donat dibandingkan dengan olahan singkong lainnya

  3. Betul sekali, karena sekarang ini kita harus bisa bersaing dan membuat olahan se kreatif mungkin sehingga orang lebih tertarik untuk membeli produk yang kita buat walaupun bahannya singkong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *