duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Cara Membuat Efek Blur/Bokeh di Photoshop

2 min read

Cara membuat efek blur

Cara membuat efek blur di photoshop – Bagaimana cara membuat foto blur di photoshop? Gampang banget, cuma beberapa langkah sederhana kalian bisa membuat efek blur pada photo dengan mudah. Jangan galau jika masih belum mengerti, karena saya akan memberikan artikel cara membuat efek blur di photoshop.

Apa itu blur?

Blur adalah keadaan dimana kita memfokuskan shoot kepada satu titik dan bagian belakangnya tidak terlalu jelas. Sebenarnya, untuk membuat efek blur sudah bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Tapi, jika dalam hp kalian tidak ada opsi tersebut tentu harus menggunakan aplikasi seperti photoshop untuk memblurkan gambar.

Photoshop adalah salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan editing foto. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat dengan mudah memanipulasi dan mengedit berbagai foto hingga nampak seperti asli. Jika kalian ingin melihat foto blur mungkin di dalam smartphone juga tersedia fitur tersebut.

Dalam hal ini yang membedakan adalah proses pengerjaan dan aplikasi yang digunakan. Jika di dalam smartphone android kalian tidak usah menggunakan aplikasi pihak ketiga sudah bisa membuat background blur. Sedangkan di PC atau laptop membutuhkan aplikasi edit gambar semisal Photoshop.

Untuk hasilnya sebenarnya menurut saya memang lebih mulus menggunakan komputer dibandingkan di HP android. Mungkin skill saya kali ya yang kurang, apakah kalian pernah mencobanya? Lalu bagaimana dengan cara membuat efek blur di Photoshop, apakah mudah bang? Untuk itu kita akan belajar salah satu tekniknya disini.

Menurut saya cara membuat efek blur di photoshop ini tidak terlalu sulit bahkan jika kalian adalah seorang pemula bisa membuatnya dalam hitungan menit. Cukup sediakan gambar yang ingin di blurkan backgroundnya kemudian ikuti langkah dibawah sudah bisa membuat efek blur.

Cara Membuat Efek Blur di Photoshop

Kamu bisa lihat sendiri salah satu koleksi foto yang telah saya beri efek blur menggunakan aplikasi photoshop simak di bawah ini.

Contoh photo blur dengan photoshop

Ini adalah salah satu koleksi foto yang telah saya beri efek blur dengan menggunakan Photoshop

Keren bukan? bagi kalian yang ingin membuat hal serupa silahkan perhatikan dengan baik beberapa langkah sederhana untuk membuat efek bokeh di photoshop berikut ini.

1. Langkah pertama adalah menyiapkan sebuah foto yang akan diberikan efek blur.  Perlu diketahui bahwa pada tutorial kali ini saya menggunakan Photoshop CS5. Kalian bisa menggunakan versi lainnya ya karena tidak jauh berbeda.

Cara Membuat efek bokeh di photoshop
2. Langkah selanjutnya adalah menentukan bagian foto yang tidak ingin di beri efek blur, kalian bisa memanfaatkan Magnetic Lasso Tools (L). Untuk memudahkan silahkan centang Auto-Enhace, dan jika sudah dipilih bagian mana yang tidak ingin di bokeh kan silahkan tekan Ctrl + Shift + I untuk memilih daerah seleksi ke daerah background.

Cara Membuat efek blur di photoshop

Pilih Menu filter, Gaussian Blur

Cara Blur Background Photoshop

Untuk cara efek blur di photoshop selanjutnya adalah dengan mengatur radius untuk tampilan background foto dengan cara menggeser atau menulis langsung pada kolom yang disediakan.jika sudah tinggal klik Ok dan save.

F.A.Q

Apakah hanya cara ini yang bisa dilakukan untuk membuat background blur di photshop?

Banyak sekali caranya, tapi saya menggunakan cara seperti ini jika hendak memberikan efek blur pada gambar.

Bagaiman perbandingan hasil di Android dengan Photoshop?

Untuk hasilnya sendiri bisa kalian coba bandingkan, itung irung belajar dan nanti juga akan tahu pengalaman menggunakan keduanya. Saran saya kalo punya komputer atau laptop mending menggunakan Photoshop karena fitunya lebih banyak dan cara penggunaanya lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi di android.

Untuk cara membuat efek blur di photoshop sangat mudah bukan? Intinya kalian tinggal memilih bagian yang tidak ingin di blur dan ikuti langkah simple yang sudah saya jelaskan diatas. Jika ada langkah yang lebih mudah silahkan cantumkan dalam kolom komentar atau hubungi bagian contact pada blog ini karena masukan dari kalian membuat kami lebih banyak belajar lagi.

Demikian artikel saya tentang menambahkan efek blur pada bagian tertentu atau cara membuat efek blur pada foto dengan menggunakan photoshop sebagai aplikasi bantuannya. Jangan lupa juga berikan kritik dan saran untuk artikel ini karena itu sangat berharga bagi kami. Sampai berjumpa, terimakasih.

duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

5 Replies to “Cara Membuat Efek Blur/Bokeh di Photoshop”

  1. Salam Dari Blognya FBI dan MAFIA :v 😀 Widih Keren mas, Tutorialnya dikira susah ,eh ternyata simpel juga ya hahai , makasih nih Artikelnya , Izin Share Ke Temen Temen Saya, -Izin Share Admin . Mudah di praktekan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *