Cara Memperbaiki TV Mati Standby Dengan Cepat

Diposting pada

Cara memperbaiki TV Mati Standby – Belakangan ini banyak sekali kasus kerusakan TV Standby tidak bekerja seperti biasanya. Mengapa bisa demikian? Kita akan membahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Kasus kerusakan TV Mati Standby menjadi salah satu hal yang susah diatasi oleh para pengguna. kendala tv china mati standby bisa disebabkan oleh banyak hal.

Informasi terkait tv mati standby sudah banyak dibahas sejak dulu. Meski demikian masih banyak orang yang kebingungan jika televisi yang digunakan tiba-tiba saja mati.

Baca juga : Cara Memperbaiki Layar TV Berwarna Hijau

Salah satu penyebab kenapa TV mati dan tidak bisa hidup adalah karena IC Program yang mengalami masalah.

Biasanya saat menekan tombol on/off televisi akan berjalan seperti biasanyamenampilkan gambar, warna dan suara namun kali ini TV tidak mau menyala dan memberikan reaksi yang biasa dikenal dengan kerusakan standby.

Untuk membantu kalian penulis kali ini bermaksud untuk memberikan informasi cara memperbaiki TV mati standby dengan metode yang biasa dilakukan oleh ahlinya.

Ciri-ciri tv mengalami kerusakan:

1. Lampu indikator pada TV merk yang berwarna merah hidup diiringi dengan posisi TV menyala.

2. Pada saat TV masih normal dengan warna led hijau kemudian saat hendak dinyalakan menjadi warna merah.

3. Saat TV normal dan menunjukan led hijau berubah menjadi led biru yang biasanya terjadi pada TV polytron.

4. LED TV mengalami perubahan dari warna merah menjadi warna merah redup. Tetapi saat berada pada posisi standby nyala led menjadi merah terang.

5. Pada saat TV menyala led merah tidak menyala namun pada saat keadaan Standby led tersebut akan menyala.

Cara Memperbaiki TV Standby Tidak Bisa Mengeluarkan Suara, Gambar dan Warna

Dari beberapa kasus yang ada IC program menjadi masalah kenapa TV bisa mengalami standby. Cara memperbaiki TV yang seperti ini diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus.

Ilmu dari duniaawam ini bisa diterapkan untuk memperbaiki tv Lg, Panasonic, Sharp, Polytron, akari, akira, samsung, toshiba atau merk TV lainnya yang menglami kerusakan standby.

Beberapa cara yang akan dibagikan masih belum sempurna, namun untuk memberikan yang terbaik kami mencoba untuk memberikan cara memperbaiki TV rusak standby dengan sesederhana dan semudah mungkin agar kalian bisa mengukutinya.

Menghidupkan Tombol On/Off

Loh tadi udah dibilang bahwa saat menekan tombol on/off tv tidak bisa berfungsi normal kenapa harus di coba?

Sebelum melakukan servis kalian bisa mencoba untuk menekan tombol tersebut semoga saja ada kejaiban.

Jika masih tidak bisa coba periksa tegangan IC program sudah ada atau belum, bisa saja masih kurang sehingga diperlukan pengukurang tegangan pin IC program dengan cara reset.

Biasanya TV rusak standby karena tegangan reset IC program tidak ada atau mungkin saja komponen IC program mengalami kerusakan sehingga diperlukan tindakan lanjut untuk memperbaikinya.

Melakukan Penyolderan Pada Bagian-Bagian TV

Jika langkah pertama gagal, maka untuk memperbaiki TV dengan kerusakan tersebut harus melakukan penyolderan ulang pada komponen TV. Biasanya pada bagian regulator, vertical, driver horizontal, atau mesin RGB.

Melakukan Analisa Kerusakan Komponen Pada Regulator dan IC Program

Bagaimana jika sudah melakukan penyolderan ualng namun masih tidak bisa. Untuk menyelesaikannya coba periksa bagian Regulator terlebih dahulu. Jika di cek tapi hasilnya masih nihil alias tidak ada perubahan maka lakukan pengecekan IC Porgram.

Komponen yang perlu diperhatikan saat memeriksan IC Program adalah Transistor, elco, dan Resistor.

Coba periksa komponennya satu per satu, jangan lupa jalurnya juga diperiksa apakah saling terhubung dengan Kaki 2 Komponen Optocoupler atau tidak. Jangan lupa untuk memeriksa bagian Driver Horizontal.

Jika memungkinkan coba saja untuk melakukan penyolderan ulang pada bagian-bagian penting yang sudah saya sebutkan. Namun, jika tidak memungkinkan alangkah baiknya jangan (tergantung dari situasi dan kondisi).

Jika dirasa masih dalam keadaan bagus-bagus saja maka dapat dipastikan bahwa IC Program mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki TV mati standby. Jika kalian cukup handal dalam menyelesaikan permasalahan tersebut bisa dilakukan sendiri. Namun jika dirasa masih ragu dan belum begitu paham lebih baik membawa TV yang mati Standby tersebut ke tempat servis terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *