Cara Mengatasi Suara Laptop kecil di Windows 10

Suara laptop kecil belakangan ini menjadi masalah yang sering diperbincangkan. Suara speaker yang kecil menjadi sebuah kerugian karena kita tidak bisa menyelesaikan berbagai aktvitas dengan baik.

Tetapi akan menjadi lebih repot jika suara di laptop kecil ini menghambat pekerjaan utama kita dan berpotensi kehilangan penghasilan, contohnya Youtuber. Tetapi tenang saja, karena ada cara memperbaiki suara laptop kecil.

Tentu kita semua sudah tahu kegunaan dari sebuah sound pada komputer yaitu untuk menghasilkan suara sehingga bisa di dengar oleh para penggunanya.

Sekaligus sebagai faktor pelengkap apalagi bagi mereka yang hobinya mendengarkan musik atau menonton video. Wah, kalo suara pada laptopnya kecil biasa bahaya.

Terlebih lagi, jika ada banyak sekali film yang mau kita tonton pasti bikin kesel tuh jika komputer bermasalah dengan audio. Yang ada malah emosi dan ingin dibanting tuh laptopnya.

Pastinya kamu akan mencoba mencari cara memperbaiki speaker laptop yang suaranya kecil, baik lewat Google atau group Facebook. Udah lumrah dah, banyak sekali yang saya temukan terkait masalah seperti ini.

Lalu bagaimana jika suara komputer terlalu kecil di Windows? Disini duniaawam akan menjelaskan cara mengatasi suara laptop kecil tanpa ganti hardware.

Dari beberapa studi kasus, saya akan terus update artikel ini hingga lengkap dan bisa menjadi panduan bagi kamu untuk meningkatkan tingkat suara berbagai file audio / video dan membersihkan masalah seperti ini.

Tetapi ingat, cara ini berlaku jika suara laptop kecil, bukan ada kerusakan hardware pada perangkat. Berikut ini cara memperbesar suara laptop yang kecil.

Suara Komputer Terlalu Kecil di Windows 10

Untuk meningkatkan kualitas suara audio dan video ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, dan kita akan bahas dari hal dasar meningkatkan suara file audio terlebih dahulu.

Memperbesar Suara Laptop Kecil Configure

cara mengatasi suara kecil di pc yang pertama adalah dengan melakukan setting pada pengaturan sound. Langkahnya sebagai berikut.

1. Langkah pertama klik kanan di ikon volume tepatnya ada di pojok kanan bawah kemudian pilih sound.

2. Setelah itu pilih tab playback dan pilih speakers.

3. Silahkah klik Configure dan pilih Streo atau 5.1 Surround kemudian klik next saja sampai selesai.

Mengatur Suara pada komputer

Cara ini juga sama, bisa di gunakan di speaker atau headphone.

1. Langkah pertama sama dengan mengatur speaker yaitu klik kanan di ikon volume tepatnya ada di pojok kanan bawah kemudian pilih sound.

2. Silahkan double click pada opsi speaker atau headseat dan jangan lupa sesuaikan dengan yang di gunakan.

3. Pilih tab Enhancements kemudian centang bagian Bass Boots.

4. Setelah selesai silahkan klik tab advance pada bagian default format dan pilih rate yang di inginkan.

5. Pada bagian Exclusive mode silahkan tandai semua opsinya dan klik Ok.

Mengatur Equalizer

Untuk mengatur equalizer bisa menggunakan aplikasi bernama DFX Audio Enchancer.

Cara memperbaiki suara laptop kecil
Cara menggunakan DFX Audio Enchancer untuk memperbaiki suara laptop yang kecil

Sebenarnya masih banyak software untuk meningkatkan kualitas audio lainnya,tapi saya lebih suka menggunakan DFX Audio Enchancer karena mudah dalam pengoperasiannya serta fitur-fiturnya lengkap.

Mengatur Equalizer Pada Music Player

Tidak usah repot-repot menggunakan DFX Audio, sebenarnya bisa mengatur equalizer audio di music player yang digunakan.

Dalam contoh gambar,saya menggunakan aplikasi aimp3, jika menggunakannya juga silahkan pilih saja ikon equalizer dan silahkan atur equalizernya sesuai dengan kebutuhan.

F.A.Q

Apakah cara memperbesar suara di laptop yang kecil tadi 100% berhasil?

Umumnya berhasil. Tetapi ini tergantung masalah dan penyebabnya. Bisa jadi sound laptop/komputer kalian mengalami kerusakan di bagian hardware atau ada crash pada sistem dan biasanya kebanyakan karena driver yang belum di update.

Kenapa Suara Youtube Kecil di Laptop?

Pastikan pada bagian bawah Youtube suaranya diaktifkan. Jika tidak coba tekan FN + tombol volume dan jangan lupa lakukan pengecekan driver pada Device Manager. Jika masih gagal kemungkinan besarnya adalah kalian perlu mengganti perangkat hardwarenya.

Suara Laptop Kecil Padahal Volume Full?

Kalo ini dua kemungkinan, antara driver sama sound cardnya yang bermasalah. Coba test dengan cara yang sudah saya berikan diatas.

Demikianlah cara meningkatkan suara laptop kecil serta memperbaiki masalah-masalah yang sering muncul saat menggunakan speaker yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar