Makna Lagu APUSE (Lagu Daerah Papua)

Makna lagu Apuse – Blog ARTI LAGU DUNIA kali ini akan coba mengulas sebuah lagu daerah yang berasal dari Papua, juga termasuk salah satu Lagu yang paling sering dibawakan pada acara-acara Formal di sekolah, maupun acara kenegaraan, yakni Makna atau Kesan Lagu Apuse.

Papua merupakan Provinsi yang punya banyak warisan lagu-lagu daerah yang fenomenal, dan tersohor hingga ke pelosok negeri. Selain Lagu Apuse, yakni Yamko Rambe Yamko yang sama terkenalnya.

Pencipta Lagu Apuse ini memang tidak / belum diketahui hingga kini, yakni NN (No Name). Namun meskipun begitu, Lagu ini tidak pernah lekang oleh waktu, bahkan tetap dilestarikan dalam acara-acara formal, kenegaraan maupun adat di suatu daerah.

Makna Lagu Apuse

Lagu Apuse bercerita tentang seorang cucu yang sedang meminta izin kepada kakek dan neneknya, karena dia ingin pergi merantau ke Teluk Doreri di Manokwari. Sehingga lagu ini menjadi pengiring perpisahan mereka kala itu.

FYI, Teluk Doreri di Manokwari pada zaman dahulu merupakan salah satu Pelabuhan penting di Provinsi Papua, dimana termasuk pusat aktivitas perekonomian jalur air pada masanya.

Sebagai konsep umum dalam perantauan, tentu saja siapapun yang melakukannya pasti menuju tempat / kota yang ramai, besar dan termasuk jantung perekonomian, dengan tujuan untuk memperbaiki kehidupan dan menambah pengalaman.

Itulah Kesan terhadap Lagu Apuse asal Papua ini. Jika kamu ingin mendapatkan Arti lagu Apuse yang lebih spesifik dan valid, silakan bertanya langsung ke guru atau dosen seni, ataupun mengunjungi langsung tempat-tempat penyimpanan sejarah Indonesia.

Lirik Lagu Apuse
Apuse kokon dao…
Yarabe Soren Doreri…
Wuf lenso bani nema baki pase…

Apuse kokon dao…
Yarabe Soren Doreri…
Wuf lenso bani nema baki pase…

Arafabye aswarakwar…
Arafabye aswarakwar…

Terjemahan Lagu Apuse Bahasa Indonesia
Kakek dan nenek, aku akan pergi…
Ke Negeri seberang, Teluk Doreri…
Pegang sapu tangan dan melambaikan tangan…

Kakek dan nenek, aku akan pergi…
Ke Negeri seberang, Teluk Doreri…
Pegang sapu tangan dan melambaikan tangan…

Kasihan aku, selamat jalan cucuku…
Kasihan aku, selamat jalan cucuku…
••••••••••

Disarankan : Makna Lagu Yamko Rambe Yamko – Papua

Irama dalam Lagu Apuse ini juga sempat diadopsi oleh Band asal Indonesia bernama NETRAL, dalam lagu mereka yang berjudul Garuda di Dadaku, tepatnya pada lirik bait pertama. Kurang lebih liriknya sebagai berikut :

Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku…
Ku yakin hari ini pasti menang…
Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku…
Ku yakin hari ini pasti menang…

Sebenarnya, adopsi yang dilakukan Netral sempat menerima kritikan dari beberapa pihak, mengingat Makna dalam Lagu Garuda di Dadaku bertujuan untuk membakar semangat para pemain Timnas Sepakbola Indonesia.

Tentunya sangat berbeda jauh dengan Pesan dalam Lagu Apuse, yang sejatinya bertemakan Perpisahan.

Namun dibalik itu semua, tidak menjadi permasalahan yang cukup mencolok, mengingat Aransemen yang dilakukan masih dalam batas Pesan Positif.
___________

Nah, Demikianlah Makna Lagu Apuse dari Papua, Lirik, serta Terjemahan Lagu Apuse. Semoga bisa menambah wawasan kamu dan terima kasih.

Baca juga Makna Lagu Daerah Lainnya :

Makna Lagu AMPAR AMPAR PISANG – Kalimantan Selatan
Makna Lagu ANAK KAMBING SAYA – Nusa Tenggara Timur
Makna Lagu AYAM DEN LAPEH – Sumatera Barat
Makna Lagu BUKA PINTU – Maluku
Video Lagu Apuse

Tinggalkan komentar