Operasi Aljabar Fungsi
Operasi Aljabar Fungsi

Operasi Aljabar Fungsi, Contoh Soal dan Penyelesaian

Diposting pada

Operasi Aljabar Fungsi – Banyak orang yang kesulitan saat mengerjakan soal aljabar pada fungsi. Untuk membantu pembelajaran saya rasa kalian telah membaca artikel yang tepat dan silahkan baca postingan saya sampai selesai. Masih bingung cara mengerjakan operasi aljabar pada fungsi? silahkan simak yang berikut ini.

Pengertian Aljabar pada Matematika

Aljabar adalah salah satu bagian matematika yang mempelajari pemecahan suatu masalah dengan menggunakan simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel. Menurut beberapa sumber Aljbar berasal dari bahasa arab ”’al-jabr” yang berarti sebuah penyelesaian dan operasi ini pertama kali di temukan oleh seorang cendikiawan Islam bernama Al-Khawarizmi.

Baca juga : Cara Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA dengan mudah tidak ribet!

Operasi aljabar fungsi sering digunakan oleh masyarakat untuk memecahkan masalah sulit dengan mengganti terlebih dahulu bilangan yang akan dihitung menggunakan huruf atau sebuah simbol. Contoh soal misalnya kalian membeli 4 buah buku dan 5 buah pensil seharga Rp.50.000, jika harga buku 2 kali lipat dari harga pensil, berapa harga masing-masing barang tersebut?

Dari contoh soal diatas, kalian sudah dipastikan kebingungan jika belum mengetahui operasi aljabar fungsi di luar kepala. Jika kalian sudah ahli dan hafal di luar kepala tentu soal seperti ini sangat mudah untuk dikerjakan, bagaimana jika saya belum bisa?

Operasi Aljabar Fungsi, Contoh Soal dan Penyelesaian

Untuk mengerjakan operasi aljabar fungsi dalam kehidupan sehari-hari seperti diatas kalian harus belajar dengan benar agar mudah dalam menjawab soal seperti diatas. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai operasi aljabar fungsi, contoh soal operasi aljabar fungsi, penyelesaian aljabar fungsi hingga membantu menemukan solusi dan cara cepatnya.

Baca juga : Duolingo, Aplikasi Keren Untuk Belajar Bahasa Asing dengan mudah

Karena pada aljabar biasanya menggunakan simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel, maka kalian harus mengetahui beberapa istilah pada aljabar fungsi. Untuk itu, simak istilah-istilah berikut ini.

Variabel merupakan simbol pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya secara jelas.
Konstanta merupakan bilangan yang tidak memuat variabel.dan;
Koefisien merupakan faktor konstanta dari suatu variabel

Operasi aljabar pada fungsi merupakan materi yang diajarkan di kelas 10 dan 11. Berhubung saya masih kelas 11, maka akan mencoba menampilkan operasi aljabar fungsi kelas 11 yang mungkin bisa membantu kawan-kawan untuk menyelesaikan tugas atau materi yang diberikan oleh guru masing-masing.

Baca juga : Cara Agar Anak Pintar Matematika dengan Mudah

Sebenarnya bagi kalian kelas 11 tentu sudah tidak asing dengan materi operasi aljabar pada fungsi, karena pada saat SMP kalian sudah diajarkan aljabar kelas 8. Untuk mengingat kembali materi tersebut, kurikulum pada akhirnya kembali menetapkan operasi aljabar di kelas 11.

Seperti yang dijanjikan, kali ini kita akan mengupas materi operasi aljabar pada fungsi agar kalian lebih mengetahui dan memahami lagi tentang penyelesaian materi ini dengan baik dan benar. Selain pengertian dan contoh soal diatas, Saya juga akan memberikan beberapa contoh soal aljabar fungsi dengan berbagai cara hitung, baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian yang dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Silahkan kalian simak dengan seksama pemabhasan yang sudah saya buat berikut ini.

Operasi Aljabar Fungsi

Berikut ini adalah beberapa contoh soal aljabar fungsi mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk melihat seperti apa contoh soal sederhana yang sudah admin siapkan mari kita bahas bersama sama ya.

Diketahui f(x) = x² – 20 dan g(x) = x + 5, maka berapakah nilai dari :
(f + g)(x) = x = 2
(f – g)(x) = x = 3
(f x g)(12)
(f/g)(x)

1. Operasi Aljabar Penjumlahan

(f + g)(x) = x = 2
f(x) + g(x) = (x² – 20) + (x + 5)
= (2² – 20) + (2 + 5)
= (4 – 20) + 7
= -16 + 7
= -9

2. Operasi Aljabar Pengurangan

(f – g)(x) = x = 3
= f(x) – g(x) = (x² – 20) – (x + 5)
= (3² – 20) – (2 + 5)
= (9 – 20) – 7
= – 12 – 7
= -18

3. Operasi Aljabar Perkalian

(f x g)(x) = x = 2
= f(x) x g(x) = (x² – 25) x (x + 5)
= (2² – 25) x (2 + 5)
= (4 – 25) x (2 + 5)
= 8 + 20 – 50 – 125
= – 137

4. Operasi Aljabar Pembagian

f/g (x) = f(x)/g(x)
= x2-4/x+4
= (x-2)/(x+2) + (x+2)
= (x-2)

Demikian artikel operasi aljabar fungsi yang bisa kalian gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Aljabar matematika memang cukup luas, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama agar kalian mengusai sepenuhnya materi aljabar yang diberikan oleh guru di sekolah. Untuk menunjang kalian, saya juga menyertakan contoh dan penyelesaian operasi aljabar. Untuk menyederhanakan bentuk aljabar di atas saya rasa sangat mudah dan tidak ribet.

Baca juga : Pengertian Pantun Berbalas Beserta Contohnya

Jangan lupa share dan silahkan bertanya dikolom komentar jika ada hal yang tidak dimengerti dan jangan lupa juga untuk memberikan kritik dan saran mengenai artikel ini semoga kalian bisa mengerjakan soal aljabar fungsi dengan baik dan benar.

7 komentar.

  1. Terimakasih,contoh soalnya mudah di mengerti dan dipahami 😀
    Untuk pengertian aljabar pada fungsi mohon untuk di cantumkan yah 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *