Memilih Solder yang Bagus dan Berkualitas

solder yang bagus dan berkualitas sangat dibutuhkan oleh para teknisi untuk melakukan berbagai perkerjaan. Untuk mendapatkan solder yang bagus tidak harus mengerluarkan uang banyak.

Hal ini terbukti dari beberapa orang yang menggunakan solder murah tapi berkualitas. Pada solder mahal memang memiliki beberapa kelebihan seperti pengatur suhu otomatis yang memudahkan para pengguna.

Tapi karena budget sangat minim kalian bisa mendapatkan solder yang bagus, awet dan tahan lama. Pesan dari saya kalian harus bisa merakit sendiri untuk mendapatkan solder yang berkualitas. Nanti kita bahas bersama.

Tips Memilih Solder yang Bagus

Kualitas dan kuantitas dalam memilih solder harus diperhatikan, itu salah satu tips untuk mendapatkan solder bagus. Menggunakan patri yang diproduksi oleh perusahaan ternama juga salah satu langkah cerdas. Biasanya harga yang ditawarkan memang lebih mahal namun kualitas barang akan sebanding dengan harga yang dibayar.

Dalam dunia pasaran suatu barang itu tidak sama, ada yang harganya mahal namun bisa mendapatkan barang dengan kualitas rendah dan ada juga barang murah bisa mendapatkan seperti solder berkualitas tinggi dan tanpa disangka sangat memuaskan.

Masalah seperti ini juga sangat menggangu pekerjaan, mengetahui tips memilih solder yang bagus dan berkualitas akan sangat berguna sebagai reverensi. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan jika kalian hendak membeli sebuah solder.

Memilih solder sesuai kebutuhan

Memilih barang sesuai kebutuhan merupakan salah satu langkah pintar untuk menghemat keuangan. Untuk kebutuhan service elektronik seperti TV, Radio Ampli atau lain sebagainya maka gunakan solder yang mempunyai daya 40 watt.

Solder 40 watt lebih baik dari pada solder 25 watt, Sebab solder 40 watt sudah lebih dari cukup untuk melelehkan timah karena memiliki panas yang lebih stabil dibandingkan dengan solder 25 watt.

Solder 25 watt memang lebih hemat daya namun saat ingin menyolder akan kesulitan dikarekan kurangnya panas yang dihasilkan. Hal tersebut dapat merusak komponen yang akan di solder, jadi lebih baik menggunakan solder 40 watt karena lebih mudah dalam penggunaannya.

Solder yang bagus itu Ujungnya Mengkilap Saat Dipanaskan

Bukan tanpa alasan saya menyuruh kalian untuk membeli solder yang memiliki ujung mengkilap. Justru karena adanya hal tersebut ada manfaat besar yang terkandung di dalamnya. Dengan memilih solder yang memiliki hal seperti ini maka mata solder akan terlindungi sehingga tetap awet.

Beli Solder Berdasarkan Tip

Tip solder yang mudah dilepas akan memudahkan dalam pemakaian. Selain mengantisipasi jika ada kerusakan tip juga akan melindungi bagian ujun solder sehingga panas yang dihasilkan tetap stabil dan bagian mata solder juga akan terlindungi. Jika tip sudah rusak, kalian bisa beli yang baru kemudian pasang pada solder tersebut.

Pilih Pistol Untuk memudahkan

Solder pistol merupakan solder berkualitas tinggi karena memiliki suatu tombol yang dapat memanaskan heater lebih cepat dibandingkan dengan solder biasa, hal ini karena daya yang dikeluarkan oleh solder pistol memiliki jarak semisal antara (40 watt sampai 130 watt).

Saat tombol solder pistol ditekan maka daya yang akan dikeluarkan oleh solder tembak tersebut dapat mencapai titik tertinggi yakni 130 watt dan jika tombol dilepaskan maka daya akan kembali normal yakni pada kisaran 40 watt saja. Tombol ini sangat berguna untuk mengatur apakah kita kesusahan atau tidak untuk mencairkan suatu timah, jadi jika dirasa masih kesulitan bisa menggunakan solder pistol atau yang bisa disebut dengan solder tembak.

Beli solder yang mempunyai Sparepart

Solder yang bagus itu bisa diganti sparepartnya. Saya perpendapat seperti itu lantaran jenis yang bisa diganti sparepartnya merupakan pilihan tepat dan cerdik, karena jika solder mengalami kerusakan bisa langsung membeli sparepart nya saja. Beberapa merk yang tersedia dengan sparepartnya adalah GOOT dan DEKKO, kedua merk ini sudah dilengkapi dengan sparepart namun dijual terpisah.

Itulah tips memilih solder yang bagus dan berkualitas untuk kebutuhan elektronika. Jangan lewatkan perawatannya juga supaya awet dan tahan lama, sedikit tips jangan pilih barang murah dan jika ingin membeli dengan harga mahal silahkan cek terlebih dahulu agar sesuai isi dompet, usahakan memilih solder dari produksi terpercaya sehingga kualitasnya tidak abal-abal.

Tinggalkan komentar